Diskominfotik Anambas Siap Jembatani Kesenjangan Digital

Terempa, 20 Januari 2020.

Dalam upaya meningkatkan pelayanan akses telekomunikasi di Kabupaten Kepulauan Anambas, baik di desa maupun di Ibu kota, berbagai upaya telah dilakukan demi terwujudnya akses telekomunikasi yang memadai.

Kepala Dinas Kominfotik Kabupaten Kepulauan Anambas, Japrizal, S.Kom.MA mengatakan akan berupaya menjembatani kesenjangan digital di Kabupaten Kepulauan Anambas, terutama di daerah atau desa-desa yang belum terjangkau oleh akses telekomunikasi.

“Meskipun Kementrian Kominfo (BAKTI Kominfo) sudah memberikan bantuan akses Internet dalam bentuk Vsat di beberapa desa dan sekolah yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas, dan desa-desa yang belum mendapatkan bantuan akan terus diupayakan agar juga mendapatkan bantuan berupa akses telekomunikasi tersebut, tentunya secara bertahap,”ujar Japrizal, S.Kom.MA, Minggu semalam (19/01/20).

Dikatakannya, dengan hadirnya Palapa Ring Barat nanti, BAKTI KOMINFO dan Diskominfotik KKA akan menjembatani akses telekomunikasi di desa salah satu tujuannya adalah pengembangan BUMDes untuk melakukan bisnis usaha, dengan hadirnya Palapa Ring Barat maka dengan tentu akan berimbas pada pengembangan teknologi informasi.

Japrizal, S.Kom.MA juga menyebutkan akan melihat pada BUMDes yang memiliki potensi atau peluang dalam bisnis desa untuk kebutuhan akses internet dalam pengembangannya.

“ini bertujuan agar pengembangan BUMDes tepat sasaran dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa serta mengoptimalkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa,”tambahnya.

“hal ini masih dalam rencana program dari BAKTI KOMINFO, bagi desa yang mampu melaksanakannya”,lanjut Japrizal, S.Kom.MA.

“Selama ini, desa hanya sebagai konsumtif atau sebagai pengguna saja, sebenarnya desa melalui BUMDes dapat mengembangkan sebagai pelaku dalam kebutuhan digital”,tuturnya

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *