Hillary Clinton Bikin Grup Politik “Onward Together”, Pertanda Apa?

NEW YORK – Enam bulan pasca-kekalahan mengejutkannya di ajang pemilihan presiden Amerika Serikat, Hillary Clinton mulai kembali ke panggung politik AS.

Setelah mulai memberikan sejumlah pidato dan pernyataan, Hillary seperti dilaporkan laman Politico, Kamis (4/5/2017) mengumumkan niat meluncurkan grup politik bernama “Onward Together”.

Adapun, grup politik ini akan berfokus untuk mendanai sejumlah organisasi yang kritis terhadap pemerintahan Presiden Donald Trump.

Juru bicara Hillary menyatakan, grup ini akan diluncurkan minggu depan.

Hillary diberitakan menghabiskan waktunya dalam beberapa pekan terakhir melobi calon donor, dan juga merekrut orang-orang yang dinilai tepat untuk menjalankan gerakan ini.

Pembentukan grup politik ini merupakan langkah politik konkrit pertama sejak kekalahannya di pilpres AS.

Hillary juga dijadwalkan akan merilis buku musim gugur ini yang akan menguraikan pengalaman kampanye pilpresnya yang berujung kegagalan menjadi presiden pertama wanita di AS.

Politisi berusia 69 ini juga semakin kritis terhadap sosok yang mengalahkannya itu. Dia tidak segan melancarkan kritik terbuka terhadap Trump dan sejumlah agendanya.

Terakhir, Selasa lalu, Hillary memberikan wawancara resmi pertama kepada media sejak menghilang dari publik beberapa bulan.

Dia menyebut jikalau bukan karena kombinasi email Direktur FBI James Comey dan bocoran Wikileaks, dialah yang akan menghuni Gedung Putih saat ini.

Desas-desus mengenai masa depan politik mantan Menteri Luar Negeri ini masih menjadi topik hangat.

Hillary telah menyatakan tidak akan maju menjadi calon presiden di pilpres 2020.

Namun, masih banyak yang percaya sejumlah komentar pedasnya terhadap Trump dan juga pembentukan grup politik ini merupakan sinyal Hillary secara pribadi masih membuka kemungkinan itu.

sumber : KOMPAS.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *